Posisi awal
Pengaturan awal; Merah bergerak terlebih dahulu.
Setiap pemain memulai dengan 12 orang di petak gelap dari tiga baris yang paling dekat dengan sisi pemain tersebut (lihat diagram). Baris yang paling dekat dengan setiap pemain disebut baris raja atau mahkota. Pemain dengan bidak berwarna lebih gelap bergerak terlebih dahulu. Kemudian bergantian.
Aturan gerakan
Ada dua cara berbeda untuk bergerak dalam permainan catur Inggris:
Gerakan sederhana: Gerakan sederhana terdiri dari menggerakkan bidak satu petak secara diagonal ke petak gelap kosong yang berdekatan. Bidak yang tidak bermahkota hanya dapat bergerak maju secara diagonal; raja dapat bergerak ke arah diagonal mana pun.
Lompat: Lompat terdiri dari menggerakkan bidak yang berdekatan secara diagonal dengan bidak lawan, ke petak kosong tepat di belakangnya ke arah yang sama (dengan demikian “melompati” bidak lawan ke depan dan belakang). Orang hanya dapat melompat maju secara diagonal; raja dapat melompat ke arah diagonal mana pun. Bidak yang dilompati dianggap “ditangkap” dan dikeluarkan dari permainan. Bidak apa pun, raja atau orang, dapat melompati raja. Melompat selalu wajib: jika pemain memiliki pilihan untuk melompat, mereka harus melakukannya, meskipun hal itu mengakibatkan kerugian bagi pemain yang melompat. Misalnya, lompatan tunggal yang diamanatkan dapat mengatur pemain sedemikian rupa sehingga lawan memiliki lompatan ganda sebagai balasan.
Beberapa lompatan dimungkinkan, jika setelah satu lompatan, bidak lain segera memenuhi syarat untuk dilompati oleh bidak yang digerakkan—bahkan jika lompatan itu berada dalam arah diagonal yang berbeda. Jika lebih dari satu lompatan ganda tersedia, pemain dapat memilih bidak mana yang akan dilompati, dan urutan lompatan mana yang akan dilakukan. Urutan yang dipilih tidak harus menjadi yang memaksimalkan jumlah lompatan dalam giliran; namun, pemain harus melakukan semua lompatan yang tersedia dalam urutan yang dipilih.
Raja
Jika seorang pemain bergerak ke baris raja di sisi papan lawan, ia dimahkotai sebagai raja dan memperoleh kemampuan untuk bergerak maju dan mundur. Jika seorang pemain bergerak ke baris raja atau jika ia melompat ke baris raja, langkah saat ini berakhir; bidak dimahkotai sebagai raja tetapi tidak dapat melompat kembali seperti dalam lompatan ganda hingga langkah berikutnya.
Akhir permainan
Seorang pemain menang dengan menangkap semua bidak lawan atau dengan membiarkan lawan tidak memiliki langkah yang sah. Permainan dianggap seri jika tidak ada pihak yang dapat memaksakan kemenangan, atau dengan kesepakatan (satu pihak menawarkan seri, pihak lain menerima).
Permainan terpendek yang mungkin
Edisi Desember 1977 dari English Draughts Association Journal menerbitkan surat dari Alan Beckerson dari London yang telah menemukan sejumlah permainan lengkap dengan panjang dua puluh langkah. Ini adalah permainan terpendek yang pernah ditemukan dan membuat Alan mendapat tempat di Guinness Book of Records. Dia menawarkan hadiah £100 kepada siapa pun yang dapat menemukan permainan lengkap dalam waktu kurang dari dua puluh langkah. Pada bulan Februari 2003, Martin Bryant (penulis program permainan dadu Colossus) menerbitkan sebuah makalah di situs webnya[1] yang menyajikan analisis mendalam yang menunjukkan bahwa terdapat 247 permainan dengan panjang dua puluh gerakan (dan mengonfirmasi bahwa ini adalah permainan terpendek yang mungkin) yang mengarah (dengan transposisi) ke 32 posisi akhir yang berbeda.
No Responses