Sejarah Komputer Dalam Bermain Checkers

Program komputer catur Inggris pertama ditulis oleh Christopher Strachey, M.A. di National Physical Laboratory (NPL), London. Strachey menyelesaikan program tersebut, yang ditulisnya di waktu luangnya, pada bulan Februari 1951. Program tersebut berjalan pertama kali pada komputer Pilot ACE milik NPL pada tanggal 30 Juli 1951. Ia segera memodifikasi program tersebut untuk berjalan pada komputer Manchester Mark 1.

Program komputer kedua ditulis pada tahun 1956 oleh Arthur Samuel, seorang peneliti dari IBM. Selain menjadi salah satu program permainan paling rumit yang pernah ditulis pada saat itu, program tersebut juga terkenal sebagai salah satu program adaptif pertama. Program tersebut belajar dengan cara memainkan permainan melawan versi dirinya yang telah dimodifikasi, dan versi pemenangnya tetap bertahan. Program Samuel masih jauh dari kata menguasai permainan, meskipun satu kemenangan melawan seorang ahli catur buta memberi kesan kepada masyarakat umum bahwa program tersebut sangat bagus.

Catur Scott M Savage, 1983, permainan robot pertama
Pada bulan November 1983, Museum Sains Oklahoma (yang waktu itu disebut Omniplex) meluncurkan pameran baru: Lefty si Robot Permainan Catur. Diprogram oleh Scott M Savage, Lefty menggunakan lengan robotik Armdroid buatan Colne Robotics dan ditenagai oleh prosesor 6502 dengan kombinasi kode BASIC dan Assembly untuk memainkan permainan catur secara interaktif dengan pengunjung. Awalnya, program ini sengaja dibuat sederhana agar pengunjung rata-rata berpotensi menang, tetapi seiring berjalannya waktu, program ini disempurnakan. Penyempurnaan tersebut terbukti membuat pengunjung frustrasi, sehingga kode asli diimplementasikan ulang.[8]

Pada tahun 1990-an, program terkuat adalah Chinook, yang ditulis pada tahun 1989 oleh tim dari Universitas Alberta yang dipimpin oleh Jonathan Schaeffer. Marion Tinsley, juara dunia dari tahun 1955–1962 dan dari tahun 1975–1991, memenangkan pertandingan melawan mesin pada tahun 1992. Pada tahun 1994, Tinsley harus mengundurkan diri di tengah-tengah pertandingan yang seimbang karena alasan kesehatan; ia meninggal tak lama kemudian. Pada tahun 1995, Chinook mempertahankan gelar manusia-mesinnya melawan Don Lafferty dalam pertandingan tiga puluh dua game. Skor akhir adalah 1–0 dengan 31 seri untuk Chinook atas Don Lafferty.[9] Pada tahun 1996, Chinook menang di Turnamen Nasional AS dengan margin terlebar yang pernah ada, dan pensiun dari permainan setelah acara tersebut. Gelar manusia-mesin tidak pernah diperebutkan sejak saat itu.

Pada bulan Juli 2007, dalam sebuah artikel yang diterbitkan di Science Magazine, pengembang Chinook mengumumkan bahwa program tersebut telah ditingkatkan ke titik di mana ia tidak akan kalah dalam satu game pun.[10] Jika tidak ada kesalahan yang dibuat oleh kedua pemain, permainan akan selalu berakhir seri. Setelah delapan belas tahun, mereka telah membuktikan secara komputasional solusi yang lemah untuk permainan catur.[11] Dengan menggunakan sekitar dua ratus komputer desktop di puncak proyek dan sekitar lima puluh komputer kemudian, tim tersebut membuat 1014 kalkulasi untuk mencari dari posisi awal ke basis data posisi dengan paling banyak sepuluh buah catur.[12] Namun, solusinya hanya untuk posisi awal, bukan untuk semua 156 pembukaan 3 langkah acak yang diterima dari permainan turnamen.

Kompleksitas komputasional
Jumlah posisi yang mungkin dalam catur Inggris adalah 500.995.484.682.338.672.639[13] dan memiliki kompleksitas pohon permainan sekitar 1040.[14] Sebagai perbandingan, catur diperkirakan memiliki antara 1043 dan 1050 posisi legal.

Ketika catur digeneralisasi sehingga dapat dimainkan di papan m×n, masalah untuk menentukan apakah pemain pertama menang di posisi tertentu adalah EXPTIME-lengkap.

Pengumuman pada bulan Juli 2007 oleh tim Chinook yang menyatakan bahwa permainan telah diselesaikan harus dipahami dalam arti bahwa, dengan permainan yang sempurna di kedua sisi, permainan akan selalu berakhir dengan hasil seri. Namun, tidak semua posisi yang dapat dihasilkan dari permainan yang tidak sempurna telah dianalisis.[15]

Beberapa program draft teratas adalah Chinook, dan KingsRow.

 

Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/English_draughts#:~:text=The%20pieces%20move%20and%20capture,capture%20both%20backward%20and%20forward.&text=As%20in%20all%20forms%20of,opposite%20sides%20of%20the%20board.

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *